Mengatasi Pengendara yang Sering Menggunakan Lampu Jauh


Berkendara pada malam hari sebenarnya perlu perhatian serta kewaspadaan tambahan. Situasi keadaan yang gelap, menuntut pengemudinya harus lebih konsentrasi. 

Ditambah lagi jika keadaannya minim rambu, pembatas ataupun marka jalan, salah-salah dapat keluar lajur atau paling kronis terjerumus ke jurang. 

Untuk tingkatkan konsentrasi waktu mengemudi pada situasi itu, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana katakan, pengemudi harus berlatih mengaplikasikan garis imajiner jadi tips agar tidak keluar lajur. 

"Jika tidak ada marka, buat garis imajiner (marka jalan imajinasi), triknya tahu serta penyesuaian dahulu dimensi mobil, serta lakukan iris jalan jadi dua lajur dengan garis imajiner itu," tutur Sony waktu lalu. 

Lanjut Sony, tepian atau batas akhir jalan dapat juga menolong mengaplikasikan garis imajiner, hingga pengemudi dapat menempatkan kendaraan dengan aman, lebih saat berpapasan dengan kendaraan di depannya. 

Halau pancaran lampu jauh mobil 

Begitu juga saat merasakan kendaraan yang berpapasan menyalakan lampu penting yang membiaskan visibilitas. Pasti harus direspon dengan berhati-hati agar mobil masih dibawah kendali. 

Sony menjelaskan, jika ada lampu kendaraan dari depan yang mengganggu visibilitas, selekasnya tujukan pandangan mengarah marka berbentuk garis yang berada di jalan. 

"Jika ada lampu yang silau, semestinya melatih diri lihat ke marka jalan yang berada di tengah atau samping kiri, maksudnya tidak tangkap sinar, tidak silau," katanya . 

Nah, waktu tidak ada marka jalan, garis imajiner barusan dapat dihandalkan. Selekasnya tujukan mata pada tempat umumnya marka jalan itu ada. 

Dibanding harus memandang lampu yang menyilaukan, paling tidak si pengemudi telah memikirkan tempat aman tak perlu lihat ke depan. 

Jadi penutup Sony memberi pesan, janganlah balas dengan lampu jauh. Kondisi itu harus direspon dengan bijak sebab tersangkut keselamatan berlalu lintas. 

"Jika ada lampu tembak kan kesukaannya terpancing ditembak balik, itu bahaya, baiknya langsung sikapi dengan garis imajiner barusan," tutup Sony.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Pengendara yang Sering Menggunakan Lampu Jauh "

Posting Komentar