Cara Mudah dan Cepat Membuat Footnote Di Word


Dalam membuat suatu karya catat kamu sudah pasti tidak asing dengan arti footnote atau catatan kaki. Footnote sangat mungkin kamu untuk mencuplik sumber atau menerangkan ide dengan detil tanpa ada mengubah teks penting. Footnote bermanfaat dengan strategis untuk mengklarifikasi info serta menghormati sumber yang kamu kutip 

Kamu dapat memakai catatan kaki dalam suatu dokumen atau karya catat untuk menerangkan, memberi komentar, atau menyiapkan rujukan untuk suatu yang kamu katakan di dokumen. 

Microsoft Word sendiri mempermudah pemakainya untuk bikin footnote. Penataan footnote bisa berbentuk pemberian nomer dengan automatis, serta ruang footnote bisa melebar serta berkurang dengan dinamis berdasar jumlahnya teks. 

Dengan feature footnote pada Microsoft Word ini kamu bisa memberi kesan-kesan profesional pada karya catat yang kamu bikin. Nah, ada banyak pemakai Microsoft Word yang belum tahu langkah membuat footnote di Word. Bahkan juga seringkali orang membuat footnote dengan manual di Word. 

Langkah Membuat Footnote: Membuat Footnote Default 

Langkah membuat footnote yang pertama ialah membuka dokumen yang ingin kamu berikan footnote di Word. Kemudian Letakkan cursor dalam tempat yang kamu kehendaki dimana footnote akan ada. 

Kemudian membuka tab Reference. Tab ini terdapat dibagian atas jendela, umumnya di antara Page Layout and Mailings. Tab ini sangat mungkin kamu menyelipkan beberapa alat rujukan, seperti daftar isi, catatan kaki serta catatan akhir, cuplikan, info, serta yang lain. 

Di sini pilih pilihan Insert Footnote. Dengan demikian dengan automatis footnote telah tercipta pada dokumen dengan angka 1 kecil yang ada pada tempat kamu menempatkan cursor barusan. 

Isi footnote dengan info yang ingin kamu berikan. Kamu dapat juga memakai pintasan dengan mendesak Ctrl + Alt + F pada keyboardmu untuk bikin satu footnote. 

Sistematika Tulisan Footnote 

Tulisan catatan kaki pada suatu karya catat rupanya tidak bisa sembarangan. Ada banyak ketentuan yang perlu dipenuhi. Pada suatu karya catat ilmiah ada sistematika tertentu tentang tulisan footnote atau catatan kaki. Tersebut sistematikanya: 
  • Empat belas ciri-ciri dari margin kiri serta memiliki jarak empat spasi dari teks. 
  • Catatan kaki diketik berspasi satu. 
  • Dikasih nomer. 
  • Nomer catatan kaki diketik dengan jarak enam ciri-ciri dari margin kiri. 
  • Bila catatan kakinya lebih dari satu baris karena itu baris ke-2 serta seterusnya diawali seperti margin teks biasa (pas pada margin kiri). 
  • Bila catatan kakinya lebih dari satu karena itu jarak di antara satu catatan dengan catatan yang lain ialah sama juga dengan jarak spasi teks. 
  • Jarak baris paling akhir catatan kaki masih 3 cm dari tepi kertas sisi bawah. 
  • Info yang panjang tidak bisa dikerjakan ke halaman selanjutnya. Lebih baik potong tulisan asli dibanding memangkas catatan kaki. 
  • Bila info yang sama jadi berurutan (contohnya info nomer 2 sama juga dengan nomer 3, cukup tulis kata ibid dibanding mengulang info catatan kaki. 
  • Bila ada info yang sama tapi tidak berurutan, beri info op.cit., lih [x] [x] adalah nomer info awalnya. 
  • Bila info seperti opcit tapi didalamnya info mengenai artikel, pakai loc.cit. 
  • Untuk info tentang rujukan artikel atau buku tersendiri, penulisannya seperti daftar pustaka, tapi nama pengarang tidak di balik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah dan Cepat Membuat Footnote Di Word"

Posting Komentar