Apakah Penyebab Umum Lacunar Berbeda Dari Stroke Infract Ischemic Kortis?

sumber gambar : medscape.com
Hipotesa lacunar mendukung konsep bahwa stroke iskemik lacunar disebabkan oleh kelainan arteriol serebral kecil intrinsik, berbeda dengan stroke iskemik kortikal, yang umumnya disebabkan oleh emboli dari jantung atau arteri besar. Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak stroke lacunar disebabkan oleh emboli, dan walaupun sangat mungkin bagi embolus kecil untuk masuk dan menyumbat arteri lenticulostriate, tinjauan sistematis faktor risiko termasuk hanya studi yang menggunakan definisi subtipe untuk stroke iskemik yang bebas risiko. faktor menemukan bahwa atrial fibrilasi dan stenosis karotid lebih terkait dengan non-lacunar daripada infarct lacunar (risiko relatif (RR) dari infark lacunar versus non-lacunar: atrial fibrilasi 0,51, interval kepercayaan 95% (CI) 0,42-0,62; stenosis karotid ipsilateral 0,35, 95% CI 0,28 hingga 0,44) . 

Memang, penyebab umum infarct arteri besar (kortikal), seperti emboli dari arteri besar atau jantung, 11-13 atau stenosis ateromatosa arteri besar intrakranial, 12 tampaknya tidak mungkin menyebabkan lebih dari 10–15% dari stroke lakunar.14–17 Mungkin infark lakunar akibat emboli atau stenosis arteri serebri menengah dapat dikenali dengan lebih besar daripada lakin non-embolik / stenotik, 12,1 8 mungkin karena embolus / stenosis menyumbat asal beberapa arteriol lentikulostriat secara bersamaan. Ada saran bahwa stroke lakunar akibat stenosis arteri serebri menengah mungkin lebih umum pada populasi Asia selatan daripada populasi kulit putih barat, tetapi ini masih harus diklarifikasi. 

Hanya 6% dari semua partikel (bahkan yang terkecil) yang disuntikkan ke dalam arteri karotid dalam model eksperimental yang berakhir di arteri lenticulostriate, sisanya pergi ke arteri kortikal atau cabang kortikal mereka.9 Studi yang menunjukkan hubungan yang lebih kuat antara stroke lacunar dan emboli mengutip stenosis karotid seringan 25% 16 atau kelainan jantung yang tidak jelas terkait dengan emboli (misalnya, hipertrofi ventrikel kiri), 13 atau mereka tidak, atau kelompok kontrol yang tidak tepat. 

Tentu akan berguna untuk dapat menyimpulkan mekanisme yang mendasari kemungkinan stroke iskemik lacunar (yaitu, untuk mengidentifikasi 10-15% dari emboli / stenotik dibandingkan stroke pembuluh kecil intrinsik lainnya) dari penampilan lesi otak, karena itu mungkin membantu menargetkan rejimen pencegahan sekunder yang efektif, tetapi jauh lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk melihat apakah pola yang berbeda benar-benar ada, sebelum menentukan seberapa dekat ini berhubungan dengan mekanisme yang mendasarinya. 

Hipertensi dan diabetes dikatakan sangat terkait dengan stroke iskemik lacunar. Namun, dalam penelitian yang menggunakan definisi subtipe stroke iskemik bebas faktor risiko, hanya ada sedikit kelebihan hipertensi dengan infark lacunar dibandingkan non-lacunar (RR 1,11; 95% CI 1,04-1,19) dan tidak ada perbedaan untuk diabetes (RR 0,95; 95% CI 0,83-1,09) .10 Juga tidak ada bukti yang jelas tentang hubungan antara merokok, serangan iskemik transien sebelumnya, konsumsi alkohol berlebihan, atau peningkatan kolesterol pada lacunar dibandingkan dengan infark non-lacunar. 

Stroke infarct serebral lebih disebabkan oleh komplikasi dari luka bakar daripada aterosklerosis, atrial fibrilasi, dan kondisi premorbid lain yang tidak terkait dengan luka bakar. Setiap infeksi yang dibahas sebelumnya dapat menyebabkan penyumbatan septik pembuluh darah otak, dengan infark otak. Infeksi meningeal dapat meluas ke dinding arteri dan vena yang mengalir melalui ruang subarachnoid, dan itu dapat menyebabkan peradangan dan penyumbatan pembuluh yang terkena. Ini adalah komplikasi umum dari meningitis P. aeruginosa dan dapat terjadi pada minggu pertama penyakit. Emboli material yang terinfeksi dengan penyumbatan arteri serebral adalah komplikasi klasik endokarditis infektif. Kandidiasis otak invasif terutama menyebabkan mikroabses; infark lebih sedikit. Hanya satu pasien yang terbakar dengan aspergillosis otak telah dilaporkan, dan itu mengambil bentuk infark septik, tetapi Aspergillus adalah penyebab umum infeksi sistemik pada pasien dengan luka bakar. 

Sumber 
https://www.sciencedirect.com 
https://jnnp.bmj.com 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Penyebab Umum Lacunar Berbeda Dari Stroke Infract Ischemic Kortis?"

Posting Komentar