Persiapan Sebelum Melakukan Inseminasi Buatan untuk Program Kehamilan

Persiapan-Sebelum-Melakukan-Inseminasi-Buatan-untuk-Program-Kehamilan

Program inseminasi buatan semakin marak dilakukan hari ini untuk membantu pasangan yang kesulitan mendapatkan keturunan. Inseminasi buatan dilakukan dengan cara memasukkan sperma sehat ke dalam rahim wanita saat sedang terjadi ovulasi. Harapannya agar terjadi pembuahan dengan dimasukkannya sperma ke dalam rahim. 

3 Hal Penting yang Harus Dipahami Sebelum Menjalani Inseminasi Buatan 

Mengingat program pembuahan buatan atau dengan bantuan ini adalah program yang melibatkan aktivitas medis tertentu, sehingga pelaksanaannya tidak boleh terlepas dari aturan dokter dan medis yang berlaku. Agar program pembuahan buatan ini dapat berhasil, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipahami oleh pasien: 

1. Dilakukan Pemeriksaan Kondisi Tuba Falopi 

Program satu ini melibatkan sperma yang dimasukkan langsung ke dalam rahim saat sedang terjadi ovulasi atau pelepasan sel telur dari indung telur. Oleh karenanya kondisi tuba falopi yang sehat dan mendukung sangatlah penting untuk meningkatkan keberhasilan prosesnya. 

Dokter akan melakukan pemeriksaan terkait kondisi tuba falopi apakah sehat atau ada kelainan. Beberapa wanita mungkin memiliki masalah pada tuba falopi seperti penyempitan akibat radang pada panggul. 

2. Penyiapan Sampel Sperma 

Sampel sperma yang sehat untuk dimasukkan ke dalam rahim sangat penting untuk mendukung keberhasilan inseminasi. Oleh karenanya sangat penting untuk menyiapkan sampel sperma sebelum dilakukan inseminasi buatan. 

3. Menetapkan waktu yang tepat 

Agar proses inseminasi buatan dapat berlangsung dengan optimal perlu ditentukan waktu ovulasi yang tepat untuk dilakukan penyuntikan sperma. Cara untuk memantau kapan terjadinya ovulasi adalah dengan melihat adanya hormon LH yang dilepas di urine. Selain itu dapat pula dilakukan pengecekan USG transvaginal. 

Mengalami masalah terkait kesuburan dengan pasangan tentu menjadi salah satu momok yang menyedihkan. Pasalnya, keinginan untuk memiliki momongan pun menjadi sulit untuk diwujudkan meski telah berumah tangga selama puluhan tahun. Untuk itu, Klinik Bocah Indonesia hadir di tanah air sebagai bentuk dedikasi oleh Rumah Sakit Awal Bros Tangerang untuk menghadirkan solusi masalah kesuburan di tanah air. Seluruh tenaga ahli, dokter hingga teknologi yang digunakan oleh klinik ini telah terstandarisasi internasional sehingga terjamin kualitasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Persiapan Sebelum Melakukan Inseminasi Buatan untuk Program Kehamilan"

Posting Komentar